Sawan Angin Pada Bayi Penyebab Serta Cara Mengatasi

Sawan Angin Pada Bayi Penyebab Serta Cara Mengatasi – Banyak para orangtua yang merasa sangat bingung dalam menghadapi sawan angin pada bayi. Meski memang fenomena tersebut bukan merupakan fenomena langka, akan tetapi tetap saja akan membingungkan.

Bayi meang kerap menjadi sasaran kenakalan makhluk gaib, kenakalan tersebut sering dikenal dengan nama sawan. Semua bayi yang terkena sawan ini pasti akan merasa tidak nyaman, bahkan sampai menyebabkan sakit.

Sebagai orang tua yang bayinya mengalami hal tersebut, tentu jangan sampai tinggal diam. Anda harus cepat-cepat melakukan penyembuhan agar sang bayi bisa nyaman. Sawan yang tidak segera diobati pun cukup berpeluang menjadikan psikologis sang bayi menjadi terganggu.

Advertisements

Untuk itulah kami di sini pun sangat tertarik membagikan beberapa langkah dalam mengatasi sawan pada anak bayi.Baca Bintik Merah Pada Kulit Bayi 6 Bulan Gejala dan Cara Mengobati

Namun sebelum Anda mulai menjalankan tips mengatasi fenomena tersebut harus dipastikan dahulu bahwa gejala yang dialami bayi Anda memang merupakan sawan, bukan karena adanya gejala penyakit medis.

Sawan Angin Pada Bayi Penyebab Serta Cara Mengatasi

Sawan Angin Pada Bayi Penyebab Serta Cara Mengatasi

Sawan angin pada bayi memang memiliki gejala yang hampir sama dengan gejala medis. Akan tetapi ketika Anda sampai salah mengira kalau itu merupakan sebuah penyakit, padahal yang sebenarnya adalah sawan, maka penyakit bayi Anda tidak bisa terdeteksi.

Sehingga sebelum bergegas untuk membawanya ke dokter khusus anak, Anda harus memperhatikan dengan lebih teliti lagi tentang gejalanya. Berikut ada 2 cara dalam membedakannya:Baca Berikut Tanda-tanda Bayi Kena Sawan

Advertisements
  1. Anda harus meraba leher sang bayi, pada bagian belakang. Jikalau leher belakangnya itu panas, tetapi untuk seluruh bagian tubuhnya normal, berarti ada kesalahan di bagian lehernya. Sehingga Anda harus membawa bayi ke tukang pijit, karena itu bukan merupakan gejala sawan.
  1. Rewel hanya pada jam tertentu saja, dan itu akan menjadi kebiasaan. Contohnya saja, bayi Anda akan selalu rewel ketika menjelang maghrib sampai sesudah maghrib. Itu adalah gejala sawan yang paling mudah dideteksi.
  1. Jika bayi Anda mengalami demam tinggi dan rewel, maka cobalah untuk menurunkan suhu tubuhnya menggunakan obat demam. Ketika sudah beberapa kali minum obat namun tak kunjung ada perubahan, itu patut menjadi pertanyaan. Pasalnya bayi yang kena sawan itu akan alami demam juga, dan demam tersebut tak akan turun dalam waktu lama.
  1. Jika bayi Anda tidak mengalami demam, begitu pula untuk seluruh bagian tubuhnya, namun tetap rewel dan terus menangis, itu tandanya ada sesuatu yang tak beres. Umumnya sang bayi akan rewel jika merasa tidak enak badan. Namun jika semuanya normal, bisa jadi itu adalah sawan.

Sawan angin sebenarnya terbagi jadi 3, yaitu sawan sapu angin, kemudian sawan sapu lebu dan juga sawan sapu digdoyo.Simak Ciri Ciri Bayi Kena Sawan Mayit dan Cara Mengobati

Dari ketiga jenis sawan tersebut, yang paling ringan adalah sawan sapu angin. Namun meski paling ringan untuk disembuhkan, akan sangat fatal jadinya jika tidak segera diobati.

Pasalnya bayi Anda bisa saja meninggal dengan tiba-tiba. Cirinya mudah dipahami, pasti ada warna kebiruan di tubuh si bayi. Bahkan ketika bayinya meninggal, keseluruhan tubuhnya itu berubah menjadi biru.

Langkah Atasi Sawan Sapu Angin

  • Daun dlingo sebanyak 7 lembar
  • Bawang merah 1 biji
  • Adas pulo waras sebanyak setengah sendok

Anda harus membakar bawang merahnya dahulu sampai gosong bagian luarnya, kemudian menumbuknya bersama dengan daun dlingo dan adas pulo waras.Penting di baca Bayi Kena Sawan Pengantin Penyebab dan Gejala

Jika sudah selesai ditumbuk, sekarang campurkan dengan minyak kelapa sebanyak 5 sendok. Jika sudah balurkan saja pada tubuh sang bayi. Dengan begitu sawan angin pada bayi segera hilang.

Advertisements
loading…