Pipi Bayi Merah Kena ASI Apa Obatnya??

Pipi Bayi Merah Kena ASI Apa Obatnya?? – Memang telah menjadi kewajiban bagi seorang ibu dalam memberikan ASI pada bayinya. Namun terkadang ASI mengenai pipi bayi dan tak dapat dihindarkan saat sedang menyusui.

Lalu apa obat pipi bayi merah kena ASI? Umumnya para ibu hanya mengelap bagian tubuh bayi yang terkena tumpahan ASI dan hal itu juga kerap tertunda dikarenakan sang bayi masih asyik menyusu atau para ibu lebih memilih untuk menunggu sang bayi tertidur terlebih dahulu baru mengelapnya kemudian dengan kain ataupun tisu basah.

Advertisements

Kejadian ini kerap menimbulkan ruam susu atau disebut juga dermatitis atopik dengan bentuk bintik-bintik merah pada pipi bayi, sebab kulit pipi bayi kerap terkena ASI yang menetes.

Sebagai akibatnya pipi bayi pun mengalami ruam. Banyak ibu yang berpendapat bahwa penyebab gangguan kulit ruam ini adalah karena air susu ibu (ASI) yang menetes.Simak Apakah Herpes Bisa Sembuh Sendiri??

Hal ini pula yang menjadi penyebab ruam pada pipi bayi mendapat sebutan ruam atau eksim susu. Padahal ruam susu bukan dipicu oleh ASI.

Pipi Bayi Merah Kena ASI Apa Obatnya??

Pipi Bayi Merah Kena ASI Apa Obatnya??

Ruam susu umumnya banyak dialami oleh bayi dengan orangtua yang mempunyai riwayat alergi. Ruam dapat timbul pada bayi yang memperoleh ASI setelah sang ibu mengonsumsi makanan alergen seperti daging ayam, telur, atau kacang-kacangan.Baca dulu Cara Menghilangkan Sawan Pada Ibu Hamil Secara Mudah

Selain itu ruam susu pun dapat disebabkan oleh suhu panas, polusi udara, tungau dan kuman-kuman kecil di udara, maupun benda-benda yang ada di dalam rumah seperti selimut dan bantal.

Ruam susu ini dapat menyebabkan rasa gatal dan membuat bayi menggaruk area yang mengalami ruam, membuat bayi rewel dan gelisah. Pada malam hari rasa gatal semakin menjadi dan dapat membuat tidur buah hati Anda terganggu.

Pada ruam susu tak hanya pipi bayi merah, namun juga bisa menyebar hingga ke leher dan punggung, serta daerah yang tak terkena sisa ASI.

Agar ruam susu dapat segera sembuh dan tak sampai menyebar, Anda dapat melakukan beberapa langkah dalam menanganinya. Berikut kami sampaikan beberapa langkah dalam menangani ruam susu.

Advertisements
  • Hindari pemicu ruam

Sebagai contoh, bila disebabkan oleh zat-zat dalam ASI maka ibu yang alergi harus menghindari konsumsi makanan alergen agar ASI tak memicu ruam pada bayi.Baca dulu Apakah Penyakit Herpes Dapat Menyebabkan Kematian??

  • Hindari penggunaan air hangat

Hindari memandikan dengan air hangat saat bayi mengalami ruam sebab dapat membuat kulit menjadi lebih kering, sehingga membuat semakin gatal.

  • Gunakan pelembab

Mengoleskan pelembab pada kulit pipi yang mengalami ruam baik juga untuk menjaga agar kulit tak kering dan terasa gatal.

  • Senantiasa menjaga kebersihan kulit bayi

Jangan sampai Anda para ibu membiarkan tetesan susu mengering tanpa dibersihkan sama sekali.

  • Memberikan lotion setelah mandi

Memberikan lotion pada bayi dengan mengoleskan pelembab kulit bayi di area kulit yang mengalami ruam segera setelah mandi.baca dulu Bahaya Penyakit Herpes Zoster Wajib Anda Ketahui

Pilihlah produk pelembab yang tak memiliki kandungan parfum. Mandikan bayi Anda dengan menggunakan produk sabun yang memiliki kandungan pelembab bila perlu.

  • Hindari menggaruk bagian kulit pipi yang terasa gatal

Jangan sampai Anda membantu bayi dalam menggaruk bagian kulit pipi yang terasa gatal dan usahakan agar buah hati Anda tak menggaruk bagian yang mengalami ruam itu, sebab bisa memperburuk kondisi kulit dengan adanya luka.

  • Hindari sinar matahari

Hindari paparan sinar matahari secara langsung pada kulit buah hati Anda yang tengah mengalami ruam susu.

  • Mengusahakan kulit tetap kering

Usahakan untuk menjaga kulit pipi bayi merah yang tengah mengalami ruam susu tetap kering ketika udara panas atau ketika bayi sedang berkeringat.Simak Penyebab Kulit Bayi Kasar dan Kering

Usahakan agar bayi tetap merasa nyaman dan ada pada lingkungan yang terasa sejuk.Sekian Pipi Bayi Merah Kena ASI Apa Obatnya?? semoga bisa berguna dan membantu.

Advertisements
loading…