Kulit Gatal Bentol Seperti Digigit Nyamuk Kenapa?

Kulit Gatal Bentol Seperti Digigit Nyamuk Kenapa? – Bila Anda mengalami kulit gatal bentol seperti terkena gigitan nyamuk, maka kemungkinan Anda mengalami penyakit kulit biduran atau urtikaria.

Biduran atau urtikaria merupakan suatu kondisi kelainan kulit terhadap berbagai penyebab. Umumnya disebabkan oleh reaksi alergi yang ditandai bentol-bentol kemerahan, dan terasa amat gatal, atau mungkin terasa panas dan perih.

Biduran adalah suatu penyakit kulit yang dapat dijumpai di bagian tubuh manapun. Selain itu ukuran dan bentuknya pun bisa berbeda-beda, dan jika digaruk maka bentol-bentol itu bisa semakin luas.

Advertisements

Gejala penyakit biduran ini dapat terjadi selama beberapa jam atau bahkan berhari-hari. Urtikaria akut bisa bertahan selama tak lebih dari 42 hari.

Sementara pada urtikaria kronis bisa bertahan selama 42 hari lebih dan bisa kambuh pada beberapa bulan atau bertahun-tahun.

Kulit Gatal Bentol Seperti Digigit Nyamuk Kenapa?

Bila penderita mengalami urtikaria kronis maka ada kemungkinan terserang penyakit lain seperti tiroid, lupus, atau diabetes. Selain itu orang yang memiliki alergi pada sesuatu pun lebih berisiko mengalami penyakit biduran atau urtikaria.

Kulit Gatal Bentol Seperti Digigit Nyamuk Kenapa?

Berikut ini sedikit penjelasan tentang penyebab dan gejala penyakit biduran atau urtikaria.

  1. Penyebab Biduran atau Urtikaria

Penyebab urtikaria akut ataupun urtikaria kronis berdasarkan hasil penelitian hingga saat ini belum diketahui penyebabnya dengan pasti.Baca juga Bintik Merah Pada Kulit Setelah Demam Mengapa?

Selain itu mungkin saja bila Anda mengalami kulit gatal bentol karena timbulnya penyakit biduran atau urtikaria juga dapat disebabkan oleh beragam faktor seperti.

Advertisements
  • Alergi pada makanan seperti susu, telur, kacang, keju, coklat, gandum, dan makanan laut
  • Gigitan serangga
  • Perubahan suhu udara
  • Terkena sinar matahari
  • Pengaruh obat-obatan seperti antibiotik, aspirin, ibuprofen, anti-hipertensi, penicilin, tetrasiklin, asam mefenamat, dan yang lainnya
  • Bahan makanan seperti penguat rasa, pewarna, pengawet, dan pemanis
  • Stres
  • Infeksi seperti hepatitis, demam kelenjar
  • Produk kecantikan atau kosmetik
  • Kontak secara langsung seperti sabun, lotion, bulu dan air liur binatang, debu, dan lain-lain
  • Gangguan hormonal
  • Pakaian ketat
  • Air yang digunakan tak cocok dengan tubuh

Banyaknya penyebab penyakit biduran atau urtikaria ini sehingga menjadi sulit untuk dipastikan. Faktor pemicu atau penyebab urtikaria akut ataupun urtikaria kronis bisa saja sama.Simak Bintik Merah Pada Paha dan Betis Coba Obati Dengan Cara Ini

  1. Cara Mengobati Biduran atau Urtikaria

Untuk urtikaria akut sebenarnya tak membutuhkan penanganan secara khusus, gejala itu akan hilang dengan sendirinya.

Namun bila Anda merasa terganggu pada gejalanya, maka Anda dapat menggunakan antihistamin yang memiliki fungsi untuk mengatasi rasa gatal yang ada. Pada kejadian yang lebih parah, Anda dapat menggunakan kortikosteroid.

Sementara untuk urtikoria kronis yaitu saat gejala ruam muncul, Anda dapat menggunakan antihistamin H1.Baca Badan Gatal dan Bentol Tanpa Sebab Apa Penyebabnya

Bila gejala ruam itu semakin parah maka Anda dapat menggunakan antihistamin H2 yang memiliki fungsi untuk mengatasi gejala ruam itu, namun memiliki efek samping seperti pusing dan diare.

Selain itu bila gejala itu kembali kambuh, Anda dapat menggunakan kortikosteroid, walaupun obat jenis ini tak dianjurkan untuk digunakan dalam jangka panjang.

  1. Cara Mencegah Biduran atau Urtikaria

Cara mencegah penyakit biduran atau urtikaria yang paling efektif adalah dengan menghindari faktor penyebab biduran atau urtikaria itu.

Faktor penyebab biduran ini hanya bisa diketahui oleh sang penderita, bila memperhatikan apa saja yang dimakan, dipakai, atau disentuh.

Misalnya bila penyebabnya adalah makanan laut, maka hindari konsumsi makanan laut agar mengurangi risiko munculnya penyakit biduran atau urtikaria ini.Baca Penyebab Badan Gatal dan Bentol Pada Anak Dan Orang Dewasa

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai penyebab kulit gatal bentol seperti terkena gigitan nyamuk, semoga bermanfaat.

Advertisements
loading…