Gigi Berlubang Tumbuh Daging Apakah Berbahaya?

Gigi Berlubang Tumbuh Daging Apakah Berbahaya? – Gigi berlubang merupakan salah satu masalah yang biasa namun dengan adanya gigi berlubang tumbuh daging akan menimbulkan kekhawatiran.

Bagi Anda yang mengalami gigi berlubang pasti akan merasakan ketidaknyamanan sebab akan mengganggu kegiatan mengunyah. Selain itu, ada masalah lain yang biasa terjadi pada gigi berlubang yaitu tumbuhnya daging di dalamnya.

Kebanyakan orang akan merasa risih bahkan sangat sakit akibat tumbuhnya daging di dalam gigi berlubang sebab dengan tumbuhnya daging akan lebih menyulitkan lagi mengunyah makanan dengan baik.

Advertisements

Selain itu sakit yang dirasakan juga akan semakin parah sebab adanya daging tumbuh tersebut. Gigi berlubang kemudian tumbuh daging biasanya disebut sebagai polip.

Gigi Berlubang Tumbuh Daging Apakah Berbahaya?

Gigi Berlubang Tumbuh Daging Apakah Berbahaya?

Polip gigi disebut sebagai daging tumbuh pada gigi berlubang akibat karies yang terbuka pada pula muda. Polip ini tumbuh pada bagian dalam gigi berlubang atau jauh lebih tepatnya pada gusi. Keadaan ini memang tidak terlalu membahayakan.Baca Mengatasi Sakit Gigi Geraham Belakang

Namun meskipun tidak terlalu membahayakan jika dibiarkan saja akan membusuk. Adanya daging tumbuh pada gigi berlubang ini sangat sering dijumpai pada beberapa orang.

Pada kebanyakan kasus polip ini banyak terjadi pada usia dewasa dan keadaannya cukup parah. Banyak masyarakat yang masih kurang kesadaran dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut sehingga kebanyakan dari mereka menderita gigi berlubang.

Selain itu, adanya polip ini juga harus diketahui secara cepat sehingga peradangan yang terjadi tidak akan terlalu parah.

Penyebab adanya daging tumbuh pada gigi atau polip ini bermacam-macam mulai dari kebiasaan tidak rajin membersihkan gigi dengan cara menggosok gigi secara rutin dan juga akibat dari cedera.

Advertisements

Saat terjadinya peradangan pada pulpa dan memiliki ruang dan mengalami tekanan sehingga akan muncul peradangan.Baca Mengobati Sakit Gigi Berlubang Besar

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui diagnosa bahaya dari gigi berlubang tumbuh daging sebaiknya kunjungi dokter gigi secepatnya.

Di sana Anda akan mendapatkan hasil apakah gigi berlubang dengan daging tumbuh masih bisa dirawat atau memerlukan tindakan lebih lanjut. Berikut ini cara melakukan pengujian pada gigi berlubang :

  • Rangsangan dingin

Untuk menguji apakah daging tumbuh pada gigi berlubang masih dikatakan baik jika diberi rangsangan dingin rasa nyeri akan hilang. Jika keadaan pulpa masih membaik maka gigi berlubang masih bisa ditambal.

  • Menggunakan peralatan elektrik

Untuk menguji apakah gigi berlubang masih membaik juga bisa dengan alat elektrik untuk mengecek apakah pulpa masih aktif. Jika aliran listrik masih terasa pada gigi berarti menandakan pula ke dalam keadaan baik-baik saja.Simak Meredakan Sakit Gigi dengan Cepat

  • Mengetuk gigi

Selanjutnya yaitu dengan cara mengetuk gigi dengan sebuah alat khusus untuk mendeteksi sakit pada gigi. Biasanya jika terdapat daging pada gigi berlubang akan terasa nyeri akibat dari peradangan tersebut.

  • Rontgen untuk gigi

Cara terakhir yaitu dengan rontgen gigi untuk mengetahui peradang yang terjadi pada gigi berlubang. Dengan cara rontgen ini dapat melihat apakah gigi mengalami pengeroposan parah dan juga pembusukan yang terjadi.

Penanganan pada daging tumbuh pada gigi berlubang ini sangat sederhana. Anda hanya perlu datang ke dokter gigi kemudian meminta periksa apakah gigi berlubang masih dalam keadaan baik atau harus memerlukan tindakan jauh lebih lanjut.Baca Menyembuhkan Sakit Gigi Dengan Pijatan

Biasanya Anda akan dites dengan cara di atas untuk mengetahui keadaan gigi berlubang secara detail baru kemudian akan dilakukan tindakan pada gigi berlubang dengan daging tumbuh. Demikianlah penjelasan mengenai gigi berlubang tumbuh daging secara jelas.

Advertisements
loading…