Cara Merawat Gigi Tambalan Depan Supaya Tahan Tidak Lubang Lagi

Cara Merawat Gigi Tambalan Depan Supaya Tahan Tidak Lubang Lagi – Apakah para pembaca kali ini ada yang memiliki gigi berlubang? Jika iya, maka jangan menunda untuk melakukan penambalan kemudian perhatikan bagaimana cara merawat gigi tambalan.

Rasanya akan tidak enak jika di dalam mulut terdapat sebuah gigi yang berlubang. Pasalnya gigi berlubang memang sering menimbulkan masalah seperti, gigi ngilu sampai pusing, dan juga menjadikan mulut bau tidak sedap.

Hal tersebut disebabkan karena gigi sudah mengalami pembusukan. Sehingga tidak akan baik jika gigi tersebut terus dibiarkan hidup dalam mulut Anda.

Advertisements

Saran kami, segeralah mengunjungi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan paling tepat. Beruntunglah jika memang gigi berlubang Anda tidak sampai akar sehingga penambalan masih bisa dilakukan sekarang.

Nah bagi Anda yang sudah melakukan penambalan, tentu harus tahu perawatan yang paling tepat.Baca Cara Mengeluarkan Nanah Pada Gusi Bengkak

Cara Merawat Gigi Tambalan Depan Supaya Tahan Tidak Lubang Lagi

Cara Merawat Gigi Tambalan Depan Supaya Tahan Tidak Lubang Lagi

Cara merawat gigi tambalan paling pertama, jangan merasa ragu untuk menyikat gigi yang usai ditambal tersebut. Mungkin beberapa dari pembaca di sini merasakan khawatir jika harus menyikat gigi yang merupakan tambalan.

Pasalnya pasta gigi yang digunakan takut akan merusak tambalan, padahal hal tersebut sebenarnya tidak perlu Anda khawatirkan. Justru setiap selesai makan atau sebelum tidur, Anda wajib menyikat gigi dengan sebersih mungkin.

Hal tersebut dilakukan supaya tidak ada satu pun sisa makanan yang menempel pada gigi. Jika sisa makanan tetap dibiarkan menempel pada gigi, akan membusuk dan menimbulkan lubang baru pada gigi lainnya.

Untuk itu jangan takut untuk menyikat pada gigi tambalan karena pasta gigi akan bunuh kuman yang menyebabkan gigi menjadi bersamalah sehingga bakteri tak bisa berkembang.Baca Pasta Gigi Sensodyne Untuk Gigi Berlubang Berikut Kelebihannya

Advertisements

Untuk cara yang kedua kedua yaitu jangan sampai Anda terlalu menggigit atau menekan makanan menggunakan gigi tambalan.

Pasalnya jika itu dilakukan dengan frekuensi sering akan menyebabkan hasil tambalan gigi menjadi cepat mengalami kerusakan atau bahkan menjadi pecah.

Agar permasalahan ini bisa cepat menemukan solusi, sebaiknya Anda lakukan konsultasi dahulu kepada dokter kepercayaan.

Seringnya, sang dokter akan berikan night guard kepada pasien agar gigi tambalan bisa tetap terjaga. Jika memang Anda ingin gigi tambalannya awet maka harus menghindari makanan keras contohnya kacang-kacangan.

Selanjutnya untuk cara yang ketiga yaitu jangan langsung mengonsumsi makanan yang terlalu panas atau yang terlalu dingin. Memang cukup sulit untuk menghindari kebiasaan ini.Baca Pantangan Sesudah Tambal Gigi Makanan Dan Minuman

Pasalnya kebanyakan orang pasti akan bebas mengonsumsi makanan apa saja sebelum melakukan penambalan. Namun jika Anda berniat untuk menjaga keadaan gigi tambalan, maka cobalah hindari makanan dengan suhu yang seperti itu.

Makanan yang suhunya terlalu ekstrim akan menjadikan bahan tambalan gigi amat sulit dalam melakukan adaptasi.

Kesulitan dalam beradaptasi itu pun akhirnya akan menimbulkan sebuah rongga pada gigi. Awalnya mungkin hanya rongga kecil, namun lama-lama membesar dan akhirnya tambalan retak.

Pemilik gigi tambalan juga hendaknya jangan terlalu sering mengonsumsi makanan yang sulit untuk dikunyah.

Makanan yang akan sulit untuk dikunyah akan bertekstur keras, lengket serta terlalu kenyal. Beberapa contoh makanan yang seperti itu adalah, sayuran mentah, kacang-kacangan, kemudian cokelat serta permen.Baca Berapa Lama Boleh Makan Setelah Tambal Gigi

Sebisa mungkin Anda hindari makanan jenis tersebut untuk meminimalkan kerusakan pada gigi tambalan. Kemudian setiap selesai makan, Anda harus rajin dalam membersihkan gigi dengan cara sikatan.

Jangan sampai Anda membiarkan selama berjam-jam sisa makanan tersebut menempel di gigi dan timbul proses pembusukan. Demikian cara merawat gigi tambalan yang terakhir dan semoga bermanfaat.

Advertisements
loading…