Bintik Merah Pada Wajah Bayi Usia 1 Bulan

Bintik Merah Pada Wajah Bayi Usia 1 Bulan – Para ibu umumnya akan merasa cemas bila saat mendapati bintik merah pada wajah bayi maupun pada tubuh bayi. Berbeda dengan kulit orang dewasa yang tebal, kulit bayi relatif masih tipis dan sensitif terhadap alergi, iritasi, serta infeksi. Hal ini disebabkan kelenjar minyak pada kulit bayi belum berkembang sempurna.

Faktor pemicu timbulnya bintik merah di tubuh serta wajah bayi usia 1 bulan sangat bervariatif. Faktor internal tubuh misalnya faktor keturunan, sedangkan faktor eksternal tubuh di antaranya cuaca panas, lingkungan yang lembab, debu, dan sebagainya.

Advertisements

Bintik-bintik merah disertai kulit yang terlihat kemerahan ini dapat memicu rasa gatal tak tertahankan. Dikarenakan bayi belum bisa menyampaikan apa yang dirasakannya dengan kata-kata, maka bayi menjadi rewel atau bahkan tak berhenti menangis.

Bintik Merah Pada Wajah Bayi Usia 1 Bulan

Bintik Merah Pada Wajah Bayi Usia 1 Bulan

Berikut ini beberapa kemungkinan yang dapat menyebabkan bintik merah pada wajah dan tubuh bayi yang lain.

  • Faktor Keturunan (Alergi)

Kasus alergi pada kulit banyak terjadi pada bayi yang amat rentan terhadap reaksi alergi. Bayi yang memiliki alergi lebih rentan mengalami masalah di kulit seperti bintik merah atau ruam disertai rasa gatal.

Pada reaksi yang termasuk berat, umumnya tak hanya bintik merah saja, namun bisa berupa bengkak di kulit.Baca Ciri Ciri Bayi Kena Sawan Mayit dan Cara Mengobati

Bintik-bintik merah pada tubuh bayi dapat dipicu karena alergi terhadap makanan tertentu, debu, tungau, bahan-bahan tertentu pada produk perawatan bayi, dan sebagainya.

  • Faktor Makanan

Makanan yang kerap menimbulkan alergi pada bayi adalah protein susu sapi. Bintik merah pada wajah bayi ini terjadi saat sistem kekebalan menyadari bahwa protein dalam susu formula anak merupakan zat yang berbahaya.

Selain bintik merah terkadang disertai pula dengan gejala muntah dan diare. Reaksi alergi pun bisa berbeda-beda.

Advertisements
  • Biang Keringat

Biang keringat dapat terjadi karena ada penyumbatan pori-pori kulit bayi yang dikarenakan sistem dalam pengaturan suhu tubuh belum berkembang sempurna. Hal ini memicu pengeluaran keringat pada bayi menjadi tak lancar.Simak Berikut Penyebab Sawan Pengantin Pada Ibu Hamil

  • Jerawat Bayi

Merupakan sisa hormon yang terbawa oleh bayi sejak masih ada dalam kandungan sang ibu.

  • Eksim Bayi

Dikenal pula dengan sebutan eksim susu, namun bukan berarti ditimbulkan oleh ASI. Perlu diketahui apapun itu sisa ASI, makanan bayi, susu formula, ataupun air liur yang dibiarkan menempel pada kulit bayi dapat menimbulkan iritasi kulit, khususnya pada bayi dengan bakat alergi.

  • Gigitan Serangga

Sengatan atau gigitan serangga seperti nyamuk dapat menjadi pemicu reaksi alergi pada tubuh bayi. Bintik merah disertai gatal dan bengkak merupakan gejala yang kerap ditemui.Baca Cara Menghilangkan Sawan Pada Ibu Hamil Secara Mudah

 

  • Debu Rumah

Debu yang ada pada karpet dan boneka-boneka dengan bulu juga kerap menjadi pemicu reaksi alergi pada tubuh bayi dan anak-anak.

  • Kutu Busuk Pada Tempat Tidur

Kutu busuk yang menyelinap di sela-sela tempat tidur dan seprei menggigit buah hati Anda. Gigitan kutu busuk biasanya menyerupai gigitan nyamuk.

  • Virus

Penyakit ini mungkin jarang didengar, namun Roseola infantum adalah penyakit menular yang kerap menyerang bayi dan anak-anak.

Gejalanya antara lain demam hingga 39,5 derajat celcius selama beberapa hari. Setelah demam hilang, lalu muncul bintik merah disertai rewel, cepat mengantuk dan kehilangan nafsu makan. Terkadang terjadi kesalahan diagnosis dikarenakan gejalanya seperti campak dan demam berdarah.Baca Pipi Bayi Merah Kena ASI Apa Obatnya??

Bila kondisi kulit buah hati Anda semakin memburuk dan tak dapat menemukan pemicunya, segera konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya. Demikianlah sedikit ulasan tentang penyebab bintik merah pada wajah bayi kali ini, semoga bermanfaat.

Advertisements
loading…