Bintik Merah Pada Kulit Setelah Demam Mengapa?

Bintik Merah Pada Kulit Setelah Demam Mengapa? – Munculnya bintik merah pada kulit setelah demam kerap dianggap sebagai penyakit campak. Padahal penyakit campak tak harus selalu ditandai dengan gejala demam yang disertai bintik merah.

Berbagai penyakit yang lain bisa saja muncul dengan gangguan semacam itu. Kesalahan diagnosis itu tak hanya terjadi pada orang-orang awam, dokter pun kerap terkecoh oleh gejala yang ada yang dianggap sebagai penyakit campak sehingga terkadang pasien didiagnosis terkena campak lebih dari sekali.

Advertisements

Sebab seharusnya apabila terkena penyakit campak seumur hidup maka tak akan terkena kembali sebab memiliki kekebalan alami yang bersifat permanen.

Bintik Merah Pada Kulit Setelah Demam Mengapa?

Bintik Merah Pada Kulit Setelah Demam Mengapa?

Lalu apa sajakah penyakit lain yang memiliki gejala menyerupai campak itu? Berikut ulasannya.

Exantema Subitum

Kelainan yang diakibatkan karena adanya infeksi virus ini yang paling banyak terjadi yang kerap dianggap campak.

Pada kelainan ini umumnya demam 1-3 hari, setelah demam hilang lalu muncul bercak kemerahan di seluruh bagian tubuh yang menyerupai campak. Setelah muncul dalam 2-3 hari akan hilang tak berbekas.

Perbedaannya pada campak bercak merah yang muncul demam masih terjadi, seminggu kemudian muncul bekas kehitaman pada bercak merah tersebut. Kelainan ini kerap dialami oleh penderita alergi yang mempunyai riwayat kulit sangat sensitif.Baca Bintik-Bintik Merah Pada Kulit Yang Ada Penyakit Apa

DBD

Pada awal permulaan penyakit DBD di hari 1-4 terkadang disertai pula bercak kemerahan yang menyerupai campak.

Bercak merah ini umumnya akan hilang di hari ke 5-7. Gejala bintik merah pada kulit ini pun kerap dialami oleh penderita alergi yang memiliki riwayat kulit yang amat sensitif.

Rubela

Rubela atau yang dikenal juga dengan sebutan Campak Jerman merupakan penyakit menular yang diakibatkan oleh serangan virus Rubella.

Biasanya virus menginfeksi tubuh melalui pernapasan seperti hidung dan tenggorokan. Penyakit ini kerap ringan dan serangan seringkali berlalu tanpa diketahui.

Advertisements

Penyakit ini dapat berlangsung selama 1-3 hari. Biasanya anak-anak pulih lebih cepat bila dibandingkan dengan orang dewasa.Simak Bintik Merah Gatal Menyebar Pada Kulit Karena Apa?

Infeksi yang diakibatkan oleh virus Rubella pada ibu hamil dapat bersifat serius, bila ibu mengalami infeksi pada 20 minggu awal kehamilan.

Anak dapat lahir dengan sindrom rubella bawaan atau CRS, yang menyebabkan beragam penyakit serius yang tak dapat disembuhkan. Hingga 20% kasus kerap terjadi aborsi spontan.

Rubella dapat ditularkan ibu kepada bayinya, oleh sebab itu disarankan untuk melakukan tes Rubela sebelum hamil. Bayi yang terkena virus Rubela selama berada dalam kandungan memiliki resiko cacat.

Infeksi Mononukleosis

Mononukleosis Infeksiosa merupakan penyakit yang ditandai dengan gejala demam, nyeri tenggorokan, dan pembesaran kelenjar getah bening, yang diakibatkan oleh serangan virus Epstein-Barr, salah satu jenis virus herpes.Baca Penyebab Bintik Merah Pada Kulit Tangan Tidak Gatal

Setelah menyusup ke dalam sel-sel pada hidung dan tenggorokan, virus ini akan menyebar ke limfosit B atau sel darah putih yang memiliki peranan dalam pembentukan antibodi. Serangan virus Epstein-Barr kerap terjadi dan dapat dialami anak-anak dan orang dewasa.

Erupsi Obat Alergi (Allergic Drug Eruption)

Merupakan reaksi alergi pada kulit ataupun daerah mukokutan yang terjadi karena pemberian obat secara sistemik.

Pada pemeriksaan secara fisik, hampir pada seluruh tubuh terlihat papul eritematous diskret. Pengobatan yang dapat dilakukan dengan terapi sistemik berupa antihistamin, kortikosteroid, dan topikal.

Penyakit Kawasaki

Dikenal pula sebagai sindrom kelenjar getah bening, poliarteritis kekanak-kanakan, penyakit simpul mukokutan.

Merupakan penyakit yang berpengaruh pada banyak organ, termasuk kulit, kelenjar getah bening, selaput lendir, dan dinding pembuluh darah. Namun yang paling serius yaitu pada jantung yang dapat mengakibatkan dilasi anerismal parah.Simak Penyebab Bercak Merah Pada Kulit Namun Tidak Sakit

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai penyakit dengan gejala bintik merah pada kulit yang menyerupai campak, semoga bermanfaat.

Advertisements
loading…