Berapa Lama Boleh Makan Setelah Tambal Gigi

Berapa Lama Boleh Makan Setelah Tambal Gigi – Tambal gigi merupakan sebuah perawatan yang wajib dilakukan seseorang jika mengalami gigi berlubang namun keadaan giginya masih cukup baik.

Pada bagian gigi yang berlubang pasti ada pembusukan, setelah pembusukannya dibuang maka gigi akan diberi zat tambahan atau sering disebut dengan tambalan. Banyak yang menanyakan apakah makan setelah tambal gigi itu diperbolehkan?

Advertisements

Nah untuk yang membutuhkan informasi tersebut, kami akan mencoba untuk memberikannya kepada Anda melalui artikel berikut.

Jika gigi Anda memang telah mengalami pembusukan maka segeralah melakukan penambalan. Jangan merasa takut karena penambalan tidak terasa sakit.

Dokter akan lakukan langkah khusus supaya pasiennya tetap rasakan nyaman ketika menjalankan proses tambal gigi.Simak Cara Menghilangkan Sakit Gigi Geraham Bawah

Berapa Lama Boleh Makan Setelah Tambal Gigi

Berapa Lama Boleh Makan Setelah Tambal Gigi

Pertanyaan Anda seputar makan setelah tambal gigi akan segera terjawab ketika membaca beberapa langkah  merawat gigi tambalan di sini. Ketika selesai ditambal, mungkin Anda akan merasakan nyeri. Hal tersebut terjadi karena efek anastesi yang dokter berikan akan hilang.

Sehingga nantinya Anda harus merasakan sakit pada bagian gigi yang baru ditambal. Jika memang Anda tipe orang yang tidak kuat dalam merasakan nyeri, maka cobalah untuk meminta pereda rasa nyeri kepada dokter. Pada umumnya pasien tambal gigi akan hilang rasa sakitnya ketika sudah seminggu setelah penambalan.

Sebenarnya ketika gigi Anda baru ditambal, tidak diperbolehkan makan. Namun Anda baru diperbolehkan makan setelah menambal gigi dalam waktu 1 jam atau ketika hasil tambalan sudah benar-benar kering dan kuat untuk mengunyah.Baca Cara Mengeluarkan Nanah Pada Gusi Bengkak

Advertisements

Ketika Anda sudah bisa makan pun jangan mengonsumsi makanan dengan suhu ekstrim, misalnya makanan dingin atau yang sangat panas. Pasalnya jika Anda mengonsumsi makanan seperti itu, nantinya akan memiliki potensi cukup besar merusak tambalan.

Memang akan menyulitkan Anda, namun jika mulai diniati, pasti Anda bisa menghindari jenis-jenis makanan tersebut. Jika Anda tak dapat menghindari maka material tambalan gigi bisa menjadi berlubang.

Lubang pun akan semakin membesar dan akhirnya membentuk kroakan atau retakan. Jika tambalannya retak, maka Anda pun harus melakukan penambalan ulang nantinya.

Kemudian jika sudah diperbolehkan makan setelah menambal gigi, maka hendaknya pilihlah makanan yang mudah dikunyah. Makanan yang akan sulit dikunyah seperti kacang, cokelat dan juga permen.

Sehingga sekarang Anda harus bisa menghindari beberapa jenis makanan tersebut demi membuat gigi tambalan Anda bertahan dalam waktu lama.Baca Pasta Gigi Sensodyne Untuk Gigi Berlubang Berikut Kelebihannya

Namun jika memang Anda cukup sulit menghindarinya, maka cobalah konsultasikan ke dokter yang sudah menangani penambalan gigi Anda.

Pasalnya nanti dokter akan langsung berikan solusi yang paling mudah bagi Anda. Dengan demikian, jangan beranggapan jika seseorang yang memiliki gigi tambalan akan merasa tersiksa karena makanan yang dikonsumsi harus diatur.

Selanjutnya, ketika umur tambalannya masih beberapa hari cobalah mengunyah makanan menggunakan sisi yang tidak ada tambalannya.

Meskipun demikian, namun hendaknya jangan merasakan khawatir karena ini Anda lakukan hanya dalam beberapa hari saja dan tidak untuk seterusnya. Ini harus dilakukan supaya tambalan yang sudah dilakukan, bisa memadat dengan sangat sempurna serta tidak akan ada kerusakan yang timbul.Baca Pantangan Sesudah Tambal Gigi Makanan Dan Minuman

Ketika tambalan sudah memadat dengan sangat sempurna, maka Anda bisa lebih bebas dalam mengonsumsi makanan.

Jika Anda sudah mengetahui jawaban yang selama ini dipertanyakan tentang makan setelah tambal gigi, maka sekarang pasti bisa lebih enjoy pasalnya Anda telah mengetahui apa yang seharusnya dilakukan terhadap gigi tambalan tersebut.

Advertisements
loading…